Persekutuan Doa Kota – Maret 2014

Relasi Pengurus yang Sehat
“Bukan Sekedar Hubungan Organisasi”

“It’s good to see you here with me. I’m so glad that you’ve came.” Penggalan lagu “It’s Good to See You” mengawali Persekutuan Doa (PD) Kota yang pertama di tahun 2014. Ya benar! Kami, Tim PMKB, merasa senang karena dapat bertemu kembali di Cipaku Permai No.14 dengan teman-teman pengurus PMK dalam acara PD Kota kali ini. Kami bahkan merasa sangat senang karena teman-teman pengurus PMK yang hadir lebih banyak dari PD Kota sebelumnya. Sekitar 25 orang hadir memenuhi ruang tengah dari Rumah Sekretariat Perkantas Jawa Barat.

WelcomeNewMembers

Berangkat dari kondisi yang kami lihat, yaitu adanya fenomena menurunnya semangat pengurus setelah 3-4 bulan menjalani kepengurusan. Kebanyakan, setelah proses regenerasi dan terpilihnya pengurus baru, semangat pengurus baru menyala-nyala. Namun, sebagian besar PMK selama dalam masa kepengurusan memiliki kecenderungan melemahnya semangat pengurus sehingga satu demi satu pengurus menghilang. Salah satu penyebabnya adalah relasi setiap pengurus yang membentuk satu kepengurusan PMK tidak menciptakan suatu kenyamanan sehingga berdampak pada jenuhnya mengerjakan program, tidak dapat berpikir kreatif untuk variasi dalam kepengurusan PMK. Maka, PD Kota yang dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Maret 2014 ini, mengangkat Tema: Relasi Pengurus yang Sehat, dengan Judul: “Bukan Sekedar Hubungan Organisasi”.

Di siang hari yang tak cuacanya tak menentu itu, karena sebentar panas, sebentar hujan, Putri, sang Worship Leader (WL), dan Bobby, sang gitaris, mengajak kami mempersiapkan hati untuk mendengarkan sharing Firman Tuhan yang disampaikan oleh Bang Evan A. Lature, melalui pujian “How Great is Our God”. Bang Evan membagikan bahwa dasar dari sebuah hubungan (relasi) adalah komunikasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi berarti pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak. Komunikasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu communicatio, communis, yang berarti sama. Sama di sini maksudnya sama makna atau sama arti. Jadi, komunikasi terjadi apabila terdapat kesamaan makna mengenal suatu pesan yang disampaikan oleh komunikan. Komunikasi ini tidak hanya suatu aliran informasi namun termasuk saling memperhatikan dan apresiasi terhadap suatu pekerjaan. Komunikasi tidak melulu satu arah, namun juga melibatkan partisipasi aktif pihak lain. Selain komunikasi yang baik, untuk memiliki relasi yang baik, khususnya dalam relasi kepengurusan PMK, juga harus dihiasi oleh Buah Roh (Galatia 5:22 – 23), yaitu Kasih, Sukacita, Damai Sejahtera, Kesabaran, Kemurahan, Kebaikan, Kesetiaan, Kelemahlembutan, dan Penguasaan Diri. Jika semua orang dalam kepengurusan PMK saling mengingatkan untuk belajar memiliki dan menghidupi Buah Roh tersebut, niscaya relasi yang terbangun di dalam kepengurusan PMK adalah relasi yang sehat dan tidak hanya sekedar hubungan organisasi.

Lagu “Bertumbuh dalam Kasih” menutup dari PD Kota sore itu. Jika ada tawa, tangis, suka, duka kiranya itu semua menjadi pemersatu dari kepengurusan yang kita jalani. Tidak hanya menyelesaikan program kerja dan tugas sebagai pengurus, tapi juga kiranya kita bisa sama-sama menikmati dan bertumbuh di dalam kepengurusan yang masih Tuhan percayakan kepada kitaDibutuhkan kerja sama yang baik antar tiap pengurus untuk membangun dan bertumbuh dalam relasi yang sehat di kepengurusan PMK.  Sampai jumpa di PD Kota berikutnya! :) God be with you till we meet again.

pertumbuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s