[repost] Tantangan Dari Batasan

Jumat, 27 Desember 2013

Tantangan Dari Batasan

Baca: Yeremia 29:4-14

Bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. —2 Petrus 3:18

Pada usianya yang ke-86, Ken Deal mengakhiri lebih dari 3 dekade masa pelayanannya sebagai sukarelawan dalam pelayanan penjara dengan memberikan sebuah khotbah Minggu. Pesan yang Ken sampaikan kepada para narapidana adalah tentang melayani Tuhan meski berada di penjara. Banyak contoh yang disebutnya dalam khotbah berasal dari para narapidana yang diantaranya menjalani hukuman penjara seumur hidup. Di suatu tempat di mana setiap orang enggan untuk tinggal, Ken justru mendorong mereka untuk terus bertumbuh dan membagikan kabar baik tentang Yesus Kristus kepada orang lain.

Setelah bangsa Yehuda ditawan Raja Nebukadnezar dan diasingkan ke Babel karena ketidaktaatan mereka kepada Allah, Nabi Yeremia mengirimkan pesan dari Tuhan ini kepada mereka: “Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya; ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!” (Yer. 29:5-6).

Kita mungkin menghadapi keadaan yang membatasi kita hari ini. Baik itu sebagai akibat dari kegagalan kita atau kesalahan yang dilakukan orang lain, kita bisa “menjalaninya” atau mencari kekuatan dari Allah untuk “bertumbuh” melalui keadaan itu. Tantangan dari setiap keterbatasan adalah untuk mengalami peningkatan dan bukan penurunan; untuk bertumbuh dan bukan berkurang. Tuhan bermaksud untuk memberi kita “hari depan yang penuh harapan” (ay.11). —DCM

Aku tahu, Tuhan, Engkau dapat menggunakan setiap keadaan
yang kualami demi kebaikanku. Ubahlah aku, dan tumbuhkanlah
pengenalanku akan Engkau dan kedekatan diriku dengan diri-Mu.
Berikanlah aku kekuatan yang berasal dari-Mu.

Keadaan yang terbatas mungkin justru memberikan kesempatan bagi jiwa untuk bertumbuh.

Sumber: http://www.warungsatekamu.org/2013/12/tantangan-dari-batasan/

Yeremia 29
11: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 12: Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; 13: apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, 14: Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s