Trust Him, He Cares!

[repost] Terlalu Berat

Senin, 25 Maret 2013

Terlalu Berat

Baca: Mazmur 32:1-6; Matius 11:28-30

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” —Matius 11:28

Ketika menyalakan mesin mobil di pagi subuh yang masih gelap, saya melihat lampu sabuk pengaman menyala di dasbor mobil. Saya memeriksa pintu mobil, lalu membuka dan menutupnya kembali. Saya memasang sabuk pengaman saya untuk mengujinya. Namun lampu sensor itu masih menyala. Kemudian, ketika menyadari yang terjadi, saya pun meraih dan mengangkat perlahan tas saya yang tergeletak di atas kursi penumpang. Lampu sensor itu padam.

Rupanya, berat tas besar saya yang berisi sebuah telepon genggam, tiga gulung uang koin, sebuah buku bersampul tebal, dan kotak makan siang itu setara dengan berat seorang anak kecil, dan itulah yang menyebabkan lampu sensor menyala!

Meski saya dapat mengosongkan sebuah tas jinjing dengan mudah, ada beban lain yang tidak begitu mudah untuk dilepaskan. Yang saya maksud adalah beban hidup yang dialami karena beratnya tekanan jiwa.

Beban yang memberatkan kita itu bisa jadi berupa rasa bersalah seperti yang mencengkeram pikiran Daud (Mzm. 32:1-6), rasa takut yang dialami Petrus (Mat. 26:20-35), atau keraguannya Tomas (Yoh. 20:24-29). Namun Yesus mengundang kita untuk membawa semua beban itu kepada-Nya: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu” (Mat. 11:28).

Kita tidak diciptakan untuk menopang beban hidup kita sendirian. Ketika kita menyerahkan semua beban itu kepada Yesus yang ingin memikul beban kita (Mzm. 68:20; 1Ptr. 5:7), Dia akan mengganti seluruh beban itu dengan pengampunan, penyembuhan, dan pemulihan. Tidak ada beban yang terlalu berat bagi-Nya. —CHK

Tuhan, terima kasih karena kasih-Mu, Engkau telah memikul beban
kami. Di saat-saat yang sulit, tolong kami untuk menyerahkan beban-
beban tersebut ke dalam tangan-Mu yang kuat dan kiranya kami
menemukan kelegaan di dalam-Mu. Dalam nama Yesus, amin.

Bebankan kepada Tuhan apa yang menjadi bebanmu.

Sumber: http://www.warungsatekamu.org/2013/03/terlalu-berat/


Dalam Yesus, Edward Chen

Kekuatan di hidupku
Kudapat dalam Yesus
Dia tak pernah tinggalkanku
Setia menopangku
Berseru berharap dalam Yesus

Ajaib Kau Tuhan penuh kuasa
Sanggup pulihkan keadaanku
Dalam tangan-Mu s’luruh hidupku
Tak akan goyah selamanya


Kaulah Harapan, Sari Sarimorangkir

Bukan dengan kekuatanku,
kudapat jalani hidupku,
tanpa Tuhan yang disampingku,
ku tak mampu sendiri,
Engkaulah kuatku, yang menopangku,

Kupandang wajah-Mu dan berseru,
pertolonganku datang dari-Mu,
peganglah tanganku jangan lepaskan,
Kaulah harapan dalam hidupku.

Kemarin malam, menjadi salah satu malam yang menyesakkan sekaligus melegakan, sesak karena menahan tangisan (kurang puas nangisnya), melegakan karena setidaknya beban yang selama ini kusimpan sendiri bisa terbagi (berbahagialah Anda yang bisa berada di samping saya dan melihat saya menangis sampai terisal-isak, dan terima kasih untuk Anda yang sudah mau berbagi beban dengan saya).

Hanya berawal dari sebuah pertanyaan “Gimana dek?”, aku menjawab pertanyaan itu dengan gelagepan, suara bergetar dan akhirnya tumpah ruah air dari indera pengelihatan ini (ini nulisnya sambil nangis😥 ya ampun). Hujan rintik-rintik yang turun malam itu, seolah menggambarkan dan mendukung suasana dalam diriku untuk menumpahkan isi hati, isi pikiran melalui deraian air mata.

Percayalah dek, di tengah beban yang berat itu, di antara proses yang Tuhan ijinkan terjadi, Tuhan itu ada. Nikmatilah setiap proses yang Tuhan ijinkan terjadi, nikmatilah komunitas dan pelayanan yang masih Tuhan percayakan padamu…

Hari ini, penghiburan untuk apa yang terjadi semalam Tuhan sampaikan melalui bahan saat teduh dan Bible Reading yang kubaca. Sungguh! Trust Him, He Cares! 

“Kiranya TUHAN menjawab engkau pada waktu kesesakan! … Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikanNya berhasil apa yang kaurancangkan.” ~Mazmur 20:2,5

Leave a Reply

