[Repost] Ada Kuasa

Selasa, 15 Januari 2013

Ada Kuasa

Baca: Yakobus 5:13-18

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. —Yakobus 5:16

Ketika kakak perempuan saya mengetahui bahwa ia mengidap kanker, saya meminta teman-teman saya untuk mendoakannya. Ketika ia menjalani operasi, kami berdoa kiranya dokter bedah dapat mengangkat semua sel kankernya supaya ia tidak perlu menjalani kemoterapi atau radiasi. Dan Tuhan mengabulkan doa kami! Ketika menceritakan kabar ini kepada seorang teman, ia menyatakan, “Aku sangat bersyukur ada kuasa di dalam doa.” Saya menanggapi, “Aku bersyukur karena Allah mengabulkan doa kita kali ini.”

Yakobus berkata bahwa “doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya” (5:16). Namun apakah kata-kata “dengan yakin didoakan” berarti bahwa jika kita berdoa lebih giat, atau jika lebih banyak orang yang berdoa bersama kita, maka Allah cenderung akan menjawab “ya”? Saya meragukannya, karena saya telah menerima banyak jawaban “tidak” dan “tunggu”.

Doa memang berkuasa, tetapi doa pun merupakan sebuah misteri. Kita diajari untuk memiliki iman, untuk meminta dengan sungguh-sungguh dan yakin, untuk tekun dan berserah pada kehendak-Nya. Namun Allah menjawab menurut hikmat-Nya dan apa pun jawaban-Nya itulah yang terbaik. Saya sungguh bersyukur bahwa Allah ingin mendengar isi hati kita dan bahwa apa pun jawabannya, Dia tetap baik.

Saya menyukai kata-kata Ole Hallesby: “Doa dan ketidakberdayaan itu tak terpisahkan. Hanya mereka yang tak berdaya yang dapat berdoa dengan tulus . . . . Ketidakberdayaan Anda adalah doa terbaik Anda.” Tidaklah mengapa kita merasa tidak berdaya. —AMC

Tuhan, aku telah belajar banyak hal tentang doa—mendoakan secara
spesifik, yakin, berserah, teguh dalam iman, dengan tekun. Hari ini
aku menyadari ketidakberdayaanku dan kuasa-Mu
pada saat aku mengungkapkan isi hatiku kepada-Mu. Amin.

Doa adalah seruan seorang anak yang tak berdaya kepada Bapa yang peduli kepadanya.

sumber: http://www.warungsatekamu.org/2013/01/ada-kuasa/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s