Theme Song BC 2012 (part 4) – Lirik, Nada, Vokal, Gitar, Keyboard dan Pergumulan Kita

Di bagian ke empat dari “The Sequel Blogging Theme Song BC 2012″ ini, kami ingin menceritakan bagaimana kami bergumul dalam merangkai kata untuk dijadikan lirik dan merangkai nada untuk dijadikan lagu, melalui vokal, gitar dan keyboard.

Antara Jakarta – Bandung – Tangerang, Agustus 2012

Tentang Lirik
Kami berada di tiga kota yang berbeda. Aku di Jakarta, Edwan di Tangerang, Rico dan Piter di Bandung. Pengumuman tentang seleksi Theme Song Bible Camp (BC) PMKITT 2012 sudah keluar. Aku yang sedang terbatas berhubungan dunia maya, mengetahui pengumuman ini melalui pesan singkat yang dikirim oleh Piter (ternyata Piter kirim ke semua: aku, Rico dan Edwan). Aku kembali meyakinkan mereka apakah benar kita ingin berpartisipasi di Theme Song BC tahun ini?

Akhirnya, kami sepakat untuk tetap maju berpartisipasi. Kami membagi tugas: aku bagian lirik, Rico, Piter dan Edwan bagian lagu (tapi akhirnya sharing bareng sih untuk semuanya, baik lirik maupun lagu,hehe). Masing-masing dari kami meminta waktu untuk mencari inspirasi. Aku yang kebagian tugas untuk merangkai kata-kata menjadi lirik harus bergerak lebih cepat, karena tanpa lirik, music director ga bisa kerja😀 (menurut kami sih, lebih enak bikin nada dari lirik, daripada bikin nada baru cari lirik).

Aku sempat kebingungan menentukan alur ceritanya. Karena ada ketentuan “berkaitan tema sesi”, jadi, apakah alurnya harus berurutan mulai dari sesi 1, 2, 3, 4, 5 sampai 6? Kesepakatan awal yang ada di antara kami, kami ingin membuat theme song yang agak sedikit berbeda dari theme song-theme song BC yang sudah ada selama ini, kami ingin membuat lagu yang iramanya upbeat, ohya, kami juga sepakat kalau tokoh yang diceritakan dalam lagu ini adalah “kami” bukan “aku“, karena lagu ini merupakan ungkapan syukur dari “orang-orang” yang diselamatkan.

Adniw’s View (curcol):
Mentok
! Satu kata yang cukup menggambarkan pikiranku saat itu. Lirik yang pertama kali didapat berada di bawah bayang-bayang lirik theme song tahun-tahun sebelumnya. Aku pribadi kurang puas dengan lirik yang didapat, karena kurang masuk kalau dibuat jadi lagu upbeat, begitu juga dengan “my braders” (Rico, Edwan, Piter). Karena merasa benar-benar butuh bantuanNya dan ga bisa jalan sendiri, di dalam salah satu doa malamku (dan aku sharingkan ke mereka) aku berkata seperti ini:

Kami menyadari bahwa kami benar-benar butuh bantuanNya dalam mengarang lagu ini. Dua hari kemudian, Tuhan jawab doaku (doa kami). Kami dapat inspirasi dan terciptalah lirik versi Beta 1.0. Awalnya, aku mau buat alurnya verse 1 – chorus – verse 2 – chorus – coda, tapi pada akhirnya tercipta (atas masukan dari para music director dan akhirnya menjadi kesepakatan bersama) seperti ini.

Sementara itu, tiba-tiba ide datang ke dalam pikiran Rico. Rico kepikiran alur cerita yang sedikit berbeda dari alur ceritaku:

Aku minta waktu ke mereka untuk kembali mencoba merangkai kata dan setelah mengalami pergumulan yang lumayan panjang, akhirnya terciptalah lirik versi Beta 2.0 seperti ini.

Tentang Nada [bagian 1]

Versi Beta 1.1
Nada yang paling awal tercipta adalah versi Beta 1.1. Sebenarnya, ide awal nada lagu ini diprakarsai oleh Piter. Namun, “dipoles” oleh aku, Rico dan Edwan serta orang-orang yang turut memberi masukan untuk lagu ini (terima kasih ya! ^_^). Nada yang cukup ekstrim (ku bilang) dari nada theme song BC tahun-tahun sebelumnya: upbeat! Tapi, ‘tak apa. Memang itu niat awal kami, ingin membuat sesuatu yang berbeda.

Versi Beta 1.2
Kalau versi Beta 1.2 ini ide awalnya dari Rico. Sama seperti Beta 1.1, kami saling memberi masukan. Nada di lagu ini cukup kompleks dan tidak semua orang diberikan talenta untuk memikirkan nada-nada yang sekompleks itu (dewa memang si Rico ini,hahaha). Namun, yang berbeda dari versi Beta 1.1, versi ini tidak upbeat tapi slowbeat (mungkin karena saking slownya sampai ada yang berkomentar “kaya lagu mo bunuh diri..haha” terima kasih pencelaannya ^_^ wkwkwk).

Versi Beta 2.1
Berbeda cerita dengan versi Beta 2.1 ini. Nada di lagu ini ide awalnya dari aku, tapi aku dapat inspirasinya hanya sanggup sampai nada di Chorus, bingung mau buat gimana nada di Brigde-nya. Untungnya Rico dan Piter dapat ide dan akhirnya bisa membantu untuk nada di Bridge-nya. Nada di lagu ini tidak sekompleks nada di versi Beta 1.1 atau 1.2 dan iramanya slowbeat (aku ga sedewa Piter dan Rico,hihi), namun cukup easy listening dan mudah dipelajari.

*****

Antara Bandung – Tangerang, September 2012

Tentang Nada [bagian 2]

Versi Beta 2.2
Nada di versi Beta 2.2 ini (kembali) ide awalnya dari Rico (bener kan? dewa nikok si Rico, wak! hahaha), tapi dia mentok sampai di bagian Verse, bingung untuk melanjutkan nada-nada di Chorus dan Bridge. Kemudian datanglah aku dan Piter sebagai pahlawan bertopeng kesiangan, hahaha. Dan akhirnya didapat full version-nya.

– “Thank God, untuk inspirasi lirik dan nadanya.” –

Tentang Vokal, Gitar, Keyboard

Melalui moment pengarangan Theme Song BC 2012 ini, masing-masing kami saling menajamkan sesamanya. Dari chord-chord dewanya si Rico, sang Keyboardist, aku, Edwan, Piter mengasah skil permainan gitar kami. Aku juga belajar bagaimana bernyanyi, bernapas dalam bernyanyi a.k.a teknik pernapasan, karena aku bukan penyanyi atau manusia yang jago nyanyi, tapi aku (hanya) bisa nyanyi ^_^.

1 vocalist, 2 guitarist dan 1 keyboardist: komposisi dan formasi yang cukup dan pas dalam ibadah di PMKITT dan kami punya itu. Aku memilih jadi vocalist, supaya “my braders” yang menjadi pemusiknya, hahaha. Edwan as rythm guitarist, Piter as melody guitarist and Rico as “dewa” keyboardist.

– “Thank God, untuk talenta bermusik yang Kau berikan untuk setiap kami.” –

Tentang Pergumulan Kita

Pergumulan kami tak berhenti sampai di pergumulan lirik dan nada. Kami menemukan konflik pada saat akan rekaman membuat mp3 dari setiap lagu yang ada. Saat itu, Edwan yang masih berada di Tangerang tidak bisa turut hadir bersama-sama dalam rekaman pertama. Hanya ada aku, Piter dan Rico.

Saat Edwan sudah kembali ke Bandung, aku mendadak dapat pesan singkat dari sang Ibunda untuk segera kembali ke Jakarta -_-” Saat aku sudah kembali ke Bandung, Edwan harus segera pulang karena ada kepentingan keluarganya di Tangerang. Bahkan, kebersamaan kami (full personiel) dibayang-bayangi oleh registrasi dan perwalian di kampus yang harus (masing-masing) kami lakukan. Waktu! Ya, itu dia masalahnya. Konflik tentang Waktu terjadi di antara kami. Aku pribadi merasa sesak dengan proses yang harus ku lalui bersama mereka ini. Tapi, bersyukur kalau pada akhirnya aku bisa belajar banyak hal dari konflik yang sederhana ini.🙂 terima kasih untuk kalian yang sudah membantuku menajamkan karakter. Karena:

“Setiap adegan konflik yang diizinkan tampil di atas panggung sandiwara kehidupan, pasti ada suatu pesan penting yang ingin Sutradara Handal sampaikan. Be still!
Proses pembentukan dan penajaman karakter melalui konflik yang dilalui bersama seorang/beberapa manusia memang menyakitkan, tapi tetap harus Be Still!

Terlebih dari itu semua, kami punya ini:

Akhirnya, full team! Yeay! ^_^ Ijinkan aku menyampaikan terima kasih kepada kalian, my braders. Terima kasih untuk setiap kebersamaan yang sudah terjadi di antara kita, terima kasih untuk candaan dan senam muka serta kekonyolan kalian, terima kasih untuk penajaman karakter dan upgrade skill, sadayanalah pokokna! I’m so thankful for our togetherness. Suatu hari nanti, aku berharap apa yang kita lalui bersama satu bulan terakhir ini bisa jadi kenangan indah dan tak terlupakan untuk setiap kita.

Akhir kata, “Soli deo Gloria”. Semua hal yang Tuhan ijinkan terjadi di antara kami, kami kembalikan untuk kemuliaan namaNya. Sekali lagi, terpilih atau tidak lagu kami sebagai Theme Song BC 2012, bukan masalah bagi kami. Kami hanya ingin berpartisipasi dan kalau memang salah satu lagu kami terpilih, itu semua bonus dari apa yang sudah kami lakukan, perjuangkan dan gumulkan bersama-sama.

d’FRiENd

Sebelumnya: Part 3
Selanjutnya: Part 5

Leave a Reply

