Theme Song BC 2012 (part 1) – Di Balik Kertas Lagu (bukan di balik layar)

Sekilas tentang Bible Camp PMK IT Telkom 2012
Bible Camp merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PMK IT Telkom. Acara ini bertujuan untuk menyambut adik-adik mahasiswa-mahasiswi baru sekaligus ret-reat. Dari tahun ke tahun, tema yang diangkat selalu sama, yaitu “Keselamatan“. Namun, yang jadi perbedaan di setiap tahunnya adalah judul dan ayat tema yang ingin diangkat. BC 2012 kali ini mengangkat judul “Diselamatkan karena Iman“, dengan dasar ayat Alkitabnya dari Yohanes 6:40 :

“Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku akan membangkitkannya pada akhir zaman”

d’FRiENd
Diawali dengan sejalannya pikiran dan keinginanku bersama Piter, kami sepakat untuk berpartisipasi kembali dalam seleksi Theme Song Bible Camp (BC) 2012 PMK IT Telkom (karena tahun lalu kami juga berpartisipasi, tapi dalam kelompok yang berbeda, di sini cerita Theme Song BC 2011). Merasa kurang personiel, kemudian kami menggandeng Rico dan Edwan. “d’FRiENd” adalah singkatan dari nama kami berempat. d’ for The, F for Fiter (a.k.a Piter), Ri for Rico, E for Edwan dan Nd for Winda. Jadi, d’FRiENd adalah The Fiter Rico Edwan dan Winda, hahaha. Entah bagaimana awalnya, kami bisa kembali akrab beberapa bulan belakangan ini. Sepertinya sejak peristiwa ini:

Natal PMK IT Telkom 2011

Di balik kertas lagu Theme Song BC 2012 (versi d’FRiENd)
Dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kami miliki, kami sepakat untuk membagi tugas. Aku membuat lirik/syair, Edwan, Rico dan Piter membuat nada/lagu. Setelah merenungkan tema BC 2012 selama beberapa hari, aku dapat inspirasi dan mencoba menuangkannya dalam kata-kata. Tapi, dari lirik yang pertama kali didapat, aku, Rico, Piter dan Edwan belum sreg dengan lirik yang ada. Akhirnya, aku minta waktu lagi sama mereka untuk kembali merenungkan lirik. Sampai akhirnya kami sepakat dengan lirik berikut ini dan kami menyebutnya “lirik versi Beta 1.0“:

Judul: Diselamatkan oleh Iman

Verse:
Segala pujian, hormat, kemuliaan hanya bagiMu,
Allah yang berkuasa di bumi dan di surga.
Kami, manusia berdosa, sujud menyembah di hadapanMu,
Allah pencipta dunia dan segala isinya.

Mengucap syukur atas kasihMu yang besar bagi kami,
karena Kau telah mengutus PutraMu yang tunggal.
Yesus Kristus yang rela menderita dan mati di salib,
serta bangkit untuk menyelamatkan kami.

Chorus:
Bukan karena kekuatan kami atau karena hebat kami.
Tapi, hanya karena anugerahMu kami percaya bahwa Yesuslah Tuhan.
Bukan karena perbuatan kami atau karena usaha kami.
Tapi, hanya karena kehendakMu kami diselamatkan oleh iman.

Bridge:
Kami mau hidup di dalamMu, dibentuk seturut FirmanMu
dan dipakai menjadi alatMu sampai bumi penuh kemuliaanMu.

(back to Chorus)

Dari lirik 1.0, tercipta dua versi lagu:
Beta 1.1 
Beta 1.2 

Tak sampai di situ, ternyata Rico punya ide yang berbeda tentang lirik. Ide alur lagu yang muncul di pikiran Rico berbeda dengan ide alur lagu yang muncul di pikiranku. Hal ini membuat Rico meminta tolong dibuatkan lirik yang lain dengan alur cerita yang sedikit berbeda. Aku kembali minta waktu sama mereka. Akhirnya, didapatlah “lirik versi Beta 2.0“:

Judul: Diselamatkan oleh Iman

Verse I:
Inilah rinduku: dapat mengenalMu, Allah yang sangat mengasihiku
dan berkuasa atas hidupku. Aku tahu semua itu melalui FirmanMu.

Chorus:
Aku bersyukur padaMu, bukan karena kekuatanku,
tapi hanya karena anugerahMu aku percaya bahwa Yesuslah Tuhan.

Bukan karena perbuatanku, bukan pula karena usahaku,
tapi hanya karena kehendakMu aku diselamatkan oleh iman.

Verse II:
Inilah rinduku: hidup di dalamMu, dibentuk seturut FirmanMu
dan dipakai jadi alatMu. Sampai seluruh bumi penuh dengan kemuliaanMu.

(back to Chorus)

Bridge:
Ajar aku, ya Allah, manusia yang lemah, untuk tetap setia hidup di dalamMu.
Kuasailah hidupku dengan RohMu, agar aku senantiasa memuliakanMu.

(back to Chorus)

Dari lirik 2.0, tercipta dua versi lagu:
Beta 2.1
Beta 2.2

Tujuan utama kami adalah berpartisipasi dalam seleksi Theme Song BC 2012 ini. Terpilih atau tidak menjadi Theme Song BC 2012, bukan sebuah masalah bagi kami. Kami hanya berharap dan akan sangat bersyukur kalau pada akhirnya lagu-lagu ini bisa menjadi berkat bagi setiap pendengarnya. Ohya, tak lupa kami ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  • Tuhan Yesus Kristus, Sang Sumber Inspirasi dan Sang Musisi Agung, yang sudah membantu dan mau memberikan sebagian kecil dari hikmatNya yang tiada terselami itu, sehingga kami dapat merangkai kata-kata yang akhirnya menjadi lirik/syair dan merangkai nada-nada yang akhirnya menjadi lagu/musik.
  • Kakak-abang, teman-temin, saudara-saudariadik-adik (Om Roby, Mas Agung, Bang Arya, Bang Novry, Bu Rita, Eirene, Bram, Monica, Christine – itu orang-orang yang secara langsung gue ganggu,hehe..belom ditambah dengan temen-temennya Rico, Piter, Edwan yang juga kena ganggu😀) yang sudah bersedia diganggu istirahat, konsentrasi, waktu, semua-muanya untuk memberikan saran, kritik, masukan, celaan, dsb. yang akhirnya membuat lagu kami semakin kaya akan aransemen dan semakin berbobot pada liriknya.
  • Penghuni Puri Indah 3, yang bersedia mendengarkan suara berisik kami pada saat berbincang, bercanda dan rekaman.  Herbertadditional guitarist, karena butuh satu gitaris lagi untuk rekaman (saat Edwan sedang berada di Tangerang). Dani, yang sudah bersedia diganggu permainan DOTA.2-nya, hehe demi numpang nge-scan partitur.
  • Christine, yang bersedia membawakan makanan dan menjadi persinggahanku menunggu malam berganti pagi (alias numpang nginep di kosan Tine, karena kosan udah dikunci😀 makasih yaaaah!). Ibu Kosan, yang bersedia bangun tengah malam demi melemparkan kunci pagar kosan saat aku pulang kemalaman dan tidak memungkinkan untuk menginap.
  • Semua orang yang pernah terlibat/dilibatkan secara langsung maupun tidak langsung.

Soli deo Gloria – Segala kemuliaan hanya bagi Allah”
d’FRiENd

Selanjutnya: Part 2
yang berminat mendengarkan rekamannya bisa komen di sini atau langsung hubungi saya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s