Makhluk Sosial [bagian 3]

Hari Pertama di Bulan Kesembilan dalam Tahun Dua Ribu Dua Belas
Sebelumnya, aku ga tau harus senang atau sedih ketika membuka lembaran kalender, berpindah dari Agustus ke September. Baiklah, memang itu kenyataan hidup yang harus dilalui, aku mencoba mengalihkan perhatianku kepada hari pertama di bulan kesembilan dalam tahun dua ribu dua belas ini. Hari di mana aku dan Rene menantikannya. Menantikan untuk memulai sesuatu yang baru secara bersama-sama. Kami memutuskan untuk membangun sebuah Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) berdua dan belajar menjadi seorang wanita yang bertekun dalam doa (serta menjadi hari yang baik untukku memperbaiki jam doaku). Kesepakatan kami untuk pertemuan yang pertama adalah 1 September 2012, di kosan Rene. Jadi, hari ini ‘ku isi dengan berpetualang ke Jatinangor. Ini adalah kali ketiga aku mengunjungi Jatinangor, tapi kali pertama untuk sampai di sana menggunakan transportasi umum. Jalan kaki, angkot, DAMRI jadi kameo yang baik dalam salah satu adegan film kehidupan yang sudah diskenariokan oleh Sang Sutradara Handal.šŸ™‚

Sampe di kosan Rene, kami ga langsung PA (Pendalaman/Penggalian Alkitab ngebahas buku Becoming A Woman of Prayer-BAWOP), kami ngobrol-ngobrol dulu, hahaha. Setelah merasa cukup ngobrol-ngobrolnya, baru kami mulai PA-nya. “Selalu ada Kebenaran Baru yang didapat saat menggali Buku Kuno” | “Buku Kuno yang Kebenarannya selalu Baru”. Kami terpesona, ketika pengenalan kami akan Alah bertambah. Bab Pertama dari buku BAWOP ini, membahas tentang undangan menuju keintiman. Melalui buku ini kami dibukakan bahwa untuk komunikasi yang terjadi antara Allah dengan anak-anakNya, inisiatif yang pertama datang dari Allah. Allah memberikan undangan secara cuma-cuma kepada anak-anakNya untuk memiliki hubungan yang baik denganNya. Secara pribadi, aku merasa selama ini, ketika berdoa-menyampikan sesuatu kepadaNya, itu adalah komunikasi satu arah yang [seolah-olah] berasal dari ‘ku saja, sementara Dia menyampaikan sesuatu melalui FirmanNya [saat teduh, PA pribadi atau bible reading misalnya]. Tapi, ternyata tidak. Tentang hal berdoa, sudah lebih dulu Dia menyiapkan undangan untuk bisa berbicara dan terlibat dalam kehidupan anak-anakNya, sehingga dibutuhkan respon yang baik dari anak-anakNya akan undangan tersebut untuk menciptakan komunikasi yang baik dan hubungan yang intim denganNya.

Ā 

Hari Kedua di BulanĀ KesembilanĀ dalam Tahun Dua Ribu Dua Belas
Hari ini, ceritanya beda lagi. Kebersamaanku dengan Rene tak berakhir sampai di hari kemarin. Kami bertemu kembali di ibadah sore. Sore itu kami ibadah di GKI Maulana Yusuf, jam 4. Ohya, ada cerita seru sebelum aku berangkat ke gereja. Saat itu, jam 3 aku berangkat dari kosan. Tapi, begitu keluar kosan, jalanan SKB depan kosan macet parah, yang seharusnya dua arah, sore itu mendadak dipenuhi kendaraan dari satu arah saja. Aku meneruskan perjalananku dan melewati gang Demang. Setelah keluar dari gang Demang, hal yang sama terjadi di jalan Bojong Soang. Macet! Akhirnya, aku memutuskan sedikit berjalan kaki untuk mempercepat langkah, mengejar angkot yang sudah berada agak di depan. Di dalam angkot aku sms-an samaĀ Bram, nanya ke dia gereja dimana? jam berapa? ternyata Bram gereja di GKI jam 4 juga barengĀ Evan, tapi Evan langsung ketemu di gereja rencananya. Singkat cerita, aku dan Bram sampai di gereja agak terlambat (agak malu sih sebenarnya -_- hehe). Sementara itu, Evan belum muncul. Dan ternyata dia ga jadi gereja karena datengnya udah telat banget katanya.

Setelah ibadah selesai, kisah antara aku dan Rene berakhir di situ. Tapi tidak dengan kisah antara aku dan Bram (serta Evan). Aku pulang bareng Bram, tapi mampir dulu ke Gramed, nyamperin Evan. Di Gramed, sesuai dengan perbincangan yang pernah terjadi antara aku dan Bram, kami sama-sama penasaran dengan akhir cerita dari film “Perahu Kertas” yang sudah kami tonton (di waktu dan tempat yang berbeda). Dan malam itu kami memutuskan untuk membeli novelnya. Patungan! hahaha. Menyelesaikan novel ini seperti proyek bersama setelah ‘ku pikir-pikir, hehehe.

Ā 

Sampai di kosan, aku begitu menyukuri akhir pekan yang bisa ‘ku jalani bersama orang-orang yang ada di sekitarku. Aku juga bersyukur untuk setiap peringatan yang Tuhan berikan kepadaku untuk kembali memiliki hubungan yang baik dan intim denganNya. “Recovery“, satu kata yang bisa mewakili semua yang Tuhan sampaikan di weekend kali ini. Malam itu aku berdoa dan teringat akan lagu yang aku dan Rene nyanyikan saat kami hendak mengakhiri PA kami kemarin malam.

Hatiku bergetar dan bibirku gemetar saat menyampaikan rasa syukurku kepadaNya. Dia benar-benar mengasihiku. Dia menyediakan hari depan yang indah karena rancanganNya adalah rancangan yang terbaik bagiku. Dan tanpa ‘kusadari, pipiku sudah basah, basah karena titik-titik air yang keluar dari indera pengelihatan ini. Terima kasih untuk weekend seru kali ini. Terima kasih juga untuk setiap aktor dan aktris serta kameo yang terlibat dalam adegan weekend seru kali ini. Karena tak selamanya weekend seru itu dengan menghabiskan banyak uang atau pergi ke suatu tempat yang indah. Yang paling penting untuk menciptakan weekend seru adalah menikmatiĀ quality time yang dengan siapa kita menjalani weekend itu.

‘”..emang kaga bae kalo manusie sorangan wae..”
karena butuh teman untuk berbagi beban
karena butuh teman untuk belajar mendengarkan dan didengarkan
karena butuh teman untuk saling mengingatkan
karena butuh teman yang bisa diajak patungan
karena butuh teman yang bisa ditumpangi boncengan motornya
dan karena [terkadang] butuh teman yang bisa menraktir makan malam
šŸ˜€

“..I’m so thankful for our togetherness..all of you..”
“..there are no word good enough to Thank You..”

-makhluk yang terlalu sosial-

Leave a Reply

