[reshare] Bikin Hidup Lebih Hidup

Sabtu malam ku [tak] sendiriūüôā Yes! Kenapa? Karena ada kak Chaty dan Santhy yang nemenin. Setelah menghadiri perayaan dan pengucapan syukur atas keberhasilan saudari kami, Angelin, menyelesaikan studinya (sayangnya kurang CingCing dan Gladys), aku, Santhy dan kak Chaty melanjutkan perjalanan. Mulai dari ngiterin BIP, naik-turun, keluar-masuk toko nemenin kak Chat cari sesuatu, sampai akhirnya dapat yang dicari, kami menentukan destinasi selanjutnya. Kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Ciamphelas Walk a.k.a Ciwalk. Nonton Batman “The Dark Night Rises”¬†dan dilanjutkan dengan makan malam di Gokana Teppan & Ramen. Setelah itu kami kembali ke Dayeuh Kolot (DaKo).

Awalnya, kak Chat ngajak¬†nginep di kosan Santhy, tapi setelah ku pikir-pikir ga usah aja deh, kalo nginep pasti tidurnya larut padahal mau gereja pagi. Sampe di DaKo, aku memutuskan untuk balik ke kosan dan ga nginep, rambut udah lepek, niatnya mo mandi terus langsung tidur. Tapi, kak Chat kekeuh ngajak nginep, sampai akhirnya minta bantuan Santhy untuk mbujuk aku dengan iming-iming dijemput ke kosanūüėÄ hahaha. Setelah bernegosiasi dengan mereka dan bernegosiasi dengan ibu kosan untuk membukakan gerbang kosan, akhirnya aku melangkahkan kaki ke kosan Santhy.

Apa yang terjadi? Benar dugaankuūüėÄ sampai di kosan Santhy ga langsung tidur (dan memang itu tujuannya nginep), kami sharing kamar, diawali dengan satu pertanyaan pamungkas dari kak Chat “sekarang lagi deket sama siapa win?” (kenapa ga Santhy yang ditanya duluan dengan pertanyaan yang sama atau pertanyaan yang lain kek,hahaha) obrolan kami berlanjut sampai jam 3 pagi. Walaupun tidur pagi dan hampir tertidur di gereja, aku bersyukur masih diberi kesempatan untuk bisa sharing dan diberikan kekuatan melalui sharing. Melalui sharing itu aku semakin sadar kalau aku adalah makhluk yang [terlalu] sosial (sampai kapanpun butuh komunitas):

Bersyukur menjadi kesimpulan perbincangan kami dini hari itu. Kak Chat membagikan khotbah tentang bersyukur yang pernah didapatnya kepada kami.

Dapatkah kita bersyukur waktu keadaan nampak tidak baik dalam kehidupan kita?
Kita bersyukur karena keadaan kita baik atau kita bersyukur sehingga keadaan kita baik.

Mazmur 100:5
Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

Yeremia 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Tuhan yang baik, rancangan damai sejahtera untuk masa depan yang penuh harapan.
Tidak ada kondisi yang tidak baik, yang ada ini rancangan damai sejahtera hanya tidak nyaman.

Ada beda antara nyaman dan baik.
Baik berursan dengan benar.
Nyaman berurusan dengan biasa.
Sesuatu yang biasa belum tentu benar.

Apapun keadaanmu sekarang, kalau tidak nyaman, percayalah bahwa ini baik.
Apapun maksud dan tujuan dari keadaanmu sekarang, kalau kurang nyaman yah bertekun dan bertahan.

Kemampuan kita untuk melihat Tuhan yang baik memampukan kita untuk bersyukur.
Mengucap syukurlah senantiasa.
Bersyukur berarti saya mempercayai bahwa Dia adalah Tuhan yang baik.

Kejadian 15:5-6
Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: “Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.” Maka firman-Nya kepadanya: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”¬†Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
Mazmur 37:5
Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Karena kita mempercayai Tuhan itu baik maka ia akan memperhitungkan itu sebagai kebenaran dan Ia akan bertindak.

Ada 3 hal yang kita dapatkan saat kita bersyukur:

  1. Dengan bersyukur hidupmu akan jadi lebih baik.
    Yesaya 38:18
    Sebab dunia orang mati tidak dapat mengucap syukur kepada-Mu, dan maut tidak dapat memuji-muji Engkau; orang-orang yang turun ke liang kubur tidak menanti-nanti akan kesetiaan-Mu.
    Orang mati: orang yang mati secara soul and spirit.
    Orang yang hidup benar hidup adalah yang bisa mengucap syukur.
    Kemampuan seseorang untuk mengucap syukur menunjukkan betapa dalam pertemuannya dengan Kristus.
  2. Ucapan syukur membuat hidup lebih hidup.
    Bersyukur adalah tanda bahwa kita bertobat.
  3. Kuatkan dan teguhkan hatimu.
    Yang membuat hati kita kuat adalah mengucap syukur.
    Yosua1:1-9
    [ayat 6] “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
    [ayat 7] “Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.
    [ayat 9] “Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”
    Kisah Para Rasul 28:15
    Saudara-saudara yang di sana telah mendengar tentang hal ihwal kami dan mereka datang menjumpai kami sampai ke Forum Apius dan Tres Taberne. Ketika Paulus melihat mereka, ia mengucap syukur kepada Allah lalu kuatlah hatinya.

Jadi,¬†bersyukur baik karena keadaan kita baik maupun bersyukur sehingga keadaan kita baik. Karena¬†Tuhan adalah Tuhan yang baik, rancanganNya adalah damai sejahtera untuk masa depan yang penuh harapan.¬†Tidak ada kondisi yang tidak baik, yang ada ini adalah rancangan damai sejahtera, hanya kondisinya tidak nyaman.¬†Apapun keadaanmu sekarang, kalau tidak nyaman,¬†percayalah bahwa ini baik.¬†Apapun maksud dan tujuan dari keadaanmu sekarang, kalau kurang nyaman,¬†bertekun¬†dan¬†bertahanlah. (“Kalau keadaanmu sekarang ngerjain TA misalnya, ga nyaman karena merasa kok tak kunjung selesai, percayalah bahwa ini baik, bertekun dan bertahanlah”,Kak Chat). Kemampuan kita untuk melihat Tuhan yang baik memampukan kita untuk bersyukur.¬†Bersyukur berarti saya mempercayai bahwa Dia adalah Tuhan yang baik.¬†Karena kita¬†mempercayai¬†Tuhan itu baik maka ia akan¬†memperhitungkan¬†itu sebagai¬†kebenaran¬†dan Ia akan¬†bertindak.

All The Way My Savior Leads Me

All the way my Savior leads me;
What have I to ask beside?
Can I doubt His tender mercy,
Who through life has been my Guide?
Heav’nly peace, divinest comfort,
Here by faith in Him to dwell!
For I know, whate’er befall me,
Jesus doeth all things well;
For I know, whate’er befall me,
Jesus doeth all things well.

Di jalanku ku diiring
oleh Yesus, Tuhanku.
Apakah yang kurang lagi
jika Dia panduku?
Diberi damai surgawi
asal imanku teguh.
Suka duka dipakaiNya
untuk kebaikanku.
Suka duka dipakaiNya
untuk kebaikanku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s