[repost] Ketika harganya adalah…SEBUAH KETAATAN!

maknyos ‘parah’ baca tulisan ini😀 ci Lia dengan gaya bahasanya, berhasil membuat gue tenggelam dalam sebuah ‘kapal’ imajinasi, simak bae-bae:

Gue gak habis mikir kalo ngebayangin strategi perang orang israel lawan bangsa Yerikho yang dikasih Tuhan.

Tuhan : ” yos..yos.. Gua uda serahin bangsa ini ke tangan lo yah!”
Yosua : ” gimana Tuhan, pintu gerbangnya aja nutup terus?
              untung aye uda sempet ngutus pengintai nyusup buat liat keadaan di dalem
              kota. itu aje pake acara deg-degan banget, Tuhan! 
              mereka ampir aja ketangkep.”
Tuhan : ” gini yos.. lo harus kelilingin kota itu, 
              pertama barisan prajurit.. kudu lengkap yeee bawa senjata segala, 
              nah di blakang barisan prajurit, pilih noh 7 orang imam buat bawa 7 sangkakala 
              tanduk domba, yang terakhir baru Tabut Perjanjian. 
              Sampe sini nangkep gak lo?”
Yosua : ” nangkep, Bos.”
Tuhan : ” catet dong di laptop, nanti lupa lagi…”
Yosua : ” lowbat nih Bos, kemaren kelamaan maen redalert “
Tuhan : ” yaaah lo mah gimane sih Panglima perang ikutan maen game juga! 
              Ya uda inget ye… lo kudu kelilingin tuh tembok sekali sehari selama 6 hari. 
              Nah pas hari ketujuh, kelilingnye kudu 7 kali, tenang aje, gak akan pusing tujuh
              keliling, pan ada puyer bintang toejoeh”
Yosua : ” hehehe, Tuhan bisa aje nih becandaan segala dah.. 
              oke deh Bos. But boleh gak aye minta tolong Bos?”
Tuhan : ” apa?”
Yosua : “tolong imelin aye strategi perang barusan in case kalo aye lupa ;p “
Tuhan : -.-‘

akhirnya Panglima Yosua mukul kentogan buat ngumpulin konco-konconya.

Yosua     : “ PENGUUUUUMUUUUMAAAAAN….!
Gue baru meeting sama Bos en ini hasil rapatnya. 

                 Dengerin bae-bae lo pada yeeeeh..
                Tuhan bilang Dia uda serahin Yerikho ke tangan kita!
Dia uda kasih strategi jitu nih, kita kudu KELILINGIN tuh tembok.

                sekali sehari selama six days.
                wan tii jet dtong dun roop jet krang ”
Caleb       : “wets..wets… barusan bahasa apaan noh? “
Yosua       : “uuupss, soriii… kluar deh bahasa thai aye! 
                  maksudnya… pas hari ketujuh, klilingnya kudu 7 kali”
Pasukan 1 : “haaaaaa??? banyak amaaaat?”
Yosua       : “disuruhnya begono, uda jangan banyak komplein!

was..wes..wos.. was.. wes..wos..
* para prajurit israel pada bisik-bisik *

Yosua    :” woooiii, jangan pada sibuk sendiri! 
               emang agak aneh nih.. tapi kudu TAAT kita sama pimpinanNya. 
               barisan pertama itu para prajurit, bawa segala peralatan perang yeee
               abis itu 7 imam kudu bawa 7 sangkakala domba
               yang terakhir arakan Tabut perjanjian.
               Pas lagi jalan keliling jangan lupa, semuanya kudu MINGKEM!
Gak boleh ada yang ngomong, Hp smua disilent 

               en plis gak ada yang sibuk bbm-an yeh!
               Nanti pas hari ketujuh, abis puter 7 kali, imam kudu niup sangkakala lamaan,
               en pas lo orang denger bunyi sangkakala, 
               kudu TEREAK BERSORAK serusuh-rusuhnya!
               Ngerti kagaaaak niiih?”
pasukan israel : “NGaaaaatrriiiiiiiiiiiiiiiiiiii.. ! “
                       * menjawab serempak dengan birama 7/8 *

Mulailah mereka melakukan mandat 
en siasat perang tersebut.

pic taken from HERE

Day 1, tentara Yeriko uda siap-siap, mereka berbaris di atas tembok pegang panah sampe tangan pada kram.
Tentara yerikho 1 : “eh ngapain kok si israel kagak nyerang kita sih?
Tentara yerikho 2 :” tau tuh gue juga bingung.. kok mereka keliling doang? 
                             tembok kita mah gak ada yang bolong, 
                             mustahil binti mustahal mereka bisa masup dari arah manapun.

Day 2
Tentara Yerikho 3 : “eh mereka dateng lagi noh… siap2!”
Tentara Yerikho 4 : “mane.. kok mereka gak nyerang-nyerang sih? capek dee..
gue gunting kuku dulu deh skalian pegi ke warung pesen indomie
Tentara Yerikho 5 : ” gue nitip dong, indomi telor kornet yeh pake cabe rawit dipotong-
potong. ”
Tentara Yerikho 6 : * nereakin tentara israel *” wooooi… lu orang mau nyerang apa bikin 
                                        arakan ondel-ondel sih? 
                                        keliling mulu tapi gak ada saweran. cuciaaaan deh lu!   “
Tentara Yerikho 7 : ” iiih lagi pada sakit gigi yeee? ape sariwawan? 
                                          kok gak ada yang jawab siiih? ”

Day 3, 4, 5, 6
Pasukan Israel diledek mulu tapi mereka tetep bungkem, kadang disambit pake batu , selop en bakiak tapi mereka tetep maju kelilingin tuh tembok.
Sampe tentara yerikho pada salting ngeliat tingkahnya Pasukan Israel yangmingkem.

Kita tau endingnya pas hari ketujuh,
Pasukan Israel berkeliling 7 kali en juga bersorak-sorai ketika denger bunyi sangkakala dan seketika itu juga tembok Yerikho RUNTUHHHH dan mereka bisa masuk buat menyerbu dan merebut kota itu. Dasyaaaat men!

Sekalipun mereka penuh pergumulan, diledekin terus, di’cap’ aneh, dibilang pasukan dodol yang cuma bisa keliling-keliling doang, mereka tetep TAAT sama commandnya Tuhan.

( kisah ini pengembangan imajinasi gue tanpa bermaksud menambahi-mengurangi isi Firman Tuhan,
kisah lengkapnye bisa baca di YOSUA 6: 1-27 )

Ketika harganya adalah… SEBUAH KETAATAN,
sanggupkah kita membayarnya?
Ketaatan sama perintah Tuhan sekalipun itu bikin kita jadi dianggap ‘lemah’ dan ‘bodoh‘ di mata dunia.

Dunia ini mengajarkan, kalo lu disakitin, BALES!
Tunjukin emang dia doang yang bisa bikin kayak gitu?
Yesus ngajarin, ” Kasihilah musuhmu dan BERDOAlah buat mereka ” ( Mat 5:44 )
orang yang ‘diam’, mengampuni dan menyerahkan hak buat balas dendam dianggap LEMAH oleh dunia.

Dunia ini mengajarkan, kalo lu mau cepet kaya, boong-boong dikit lah, korupsi-korupsi dikit lah, terima uang ‘sogok’ pan kan itu istilahnya ‘duit tanda trima kasih’, kalo disuruh beli barang sama bos, minta ditulis beda lah harga kwitansinya itung-itung ‘ongkos capek’, gak usahlah pake perpuluhan segala, cerein aja laki lo uda selingkuh gitu, bego banget masih mau sama dia, etc..

Yesus ngajarin, ” Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu ” ( Matius 6:33 )
” Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan oleh manusia ” ( Mat 19: 6 )
marriage commitment is for a life time!

Ketika harganya adalah…. SEBUAH KETAATAN,
Abram pun pergi tanpa banyak cingcong
Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini 
  ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu” ( kej 12:4 )

Ketika harganya adalah…. SEBUAH KETAATAN,
si janda sarfat yang miskin batalin niat ‘ nunggu ajal abis makan roti ‘
langsung sibuk ngumpulin buli-buli.
“Janganlah takut, pulanglah, buatlah seperti yang kaukatakan, tetapi buatlah lebih dahulu bagiku sepotong roti bundar kecil dari padanya, dan bawalah kepadaku, kemudian barulah kaubuat bagimu dan bagi anakmu. Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Tepung dalam tempayan itu tidak akan habis dan minyak dalam buli-buli itu pun tidak akan berkurang sampai pada waktu TUHAN memberi hujan ke atas muka bumi.” (1 Raja-raja 17:13-14)

janda sarfat kagak izinin keraguan bergelayut di hatinya sekalipun si iblis bisikin dia, ” percaya aje loo.. klo dia bisa bikin mukjizat menggandakan tepung dan minyak, kenapa juga dia minta air en dibikinin roti sama lo, mendingan kan dia bikin mukjizat buat dirinya sendiri? nabi gelo didengerin..” 

Ketika harganya adalah… SEBUAH KETAATAN,
Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon:
Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” ( Lukas 5:4 )
Simonpun menebar jala lagi… meskipun die uda masup angin gara-gara semaleman coba nangkep ikan gak dapet-dapet en pengen pulang cepet buat kerokan.

Hasilnya.. jala mereka ampir koyak, man!
Ikannya buanyaaak bener sampe penuh 2 perahu bahkan ampir tenggelem ( Lukas 5:6-7)

Ketika harganya adalah…. SEBUAH KETAATAN,
Elia, Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur, ngumpet sono deket sungai kerit, si ahab gak bakalan bisa nangkep elu” ( 1 Raja-raja 17: 3 )
maka eliapun ngabur ke sana en Tuhan pelihara dia selama 3,5 tahun,
kirim kurir ‘ burung gagak ‘ buat nganterin daging sehari 2 kali!
Gileee asiiik banget yah dipelihara Tuhan sampe kayak gini!
Kalo gue bisa HEBOOOH dah, pingsan kali kalo ada burung gagak dateng bawain gue rendang sama opor ayam sehari 2 kali… ;p

Ketika harganya adalah…. SEBUAH KETAATAN,
akankah kita TAAT?
Maukah kita stand on the rock of Truth ????

Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, 
maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. ( yakobus 2 : 17 )

1 ons ketaatan LEBIH BERHARGA dari 1 ton doa

Apa yang Tuhan minta untuk kita TAAT hari ini???

bless you, dear friends!
– Lia

Sumber: http://mikeloveslia.blogspot.com/2011/11/ketika-harganya-adalah-sebuah-ketaatan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s