[repost] 9S Sebelum Pacaran

Buat kita-kita yang lagi mikir mau mulai pacaran, ini ada 9 S yang mesti kita siapin sebelum pacaran. Supaya pas pacaran kita gak kaget lagi. Ok siap? (an)

  1. Siap berbagi
    Perbedaan pertama yang bakal kita rasain kalo udah pacaran adalah, kita gak sendirian lagi bo! Udah ada orang yang temenin kita. Artinya kita juga gak bisa egois lagi. Semua buat saya. Kita mesti belajar berbagi sama pacar kita.
  2. Siap sedih
    Gak semua hubungan pacaran bakal berakhir indah, ‘dan mereka hidup bahagia selamanya.’ Ada juga pacaran yang ujung-ujungnya mesti putus. Jadi siap-siap aja kalo itu terjadi. Yang penting kita mesti bisa menerimanya dengan tulus en gak musuhan sama mantan kita.
  3. Siap bertumbuh bareng
    Pacaran itu semestinya buat kita makin jadi lebih baik. ‘Kan ayatnya juga bilang ‘Berdua lebih baik dari pada seorang diri’ (Pengkhotbah 4:9). Jadi kita mesti perhatiin pertumbuhan rohani kita en pasangan kita. Jangan sampe hubungan kita sama pacar malah bawa kita jauh dari Tuhan.

  4. Siap ribut
    Namanya juga dua kepala disatuin, pasti aja ada bedanya. Jadi siap-siap aja menghadapi keributan dalam pacaran. Yang penting kalau udah ribut, harus ada yang ngalah. Gak ada salahnya kalo kita nanya sama orang yang lebih tua ato pemimbing gereja gimana caranya menangani perbedaan dalam pacaran.

  5. Siap memahami pacar
    Cowok sama cewek itu beda. Ditambah lagi tiap orang punya perbedaan masing-masing. Jadi siap-siaplah mengerti pasangan kita. Apa yang dia suka, apa yang dia gak suka. Kuncinya cuma satu. Mengalah. Jangan mau nya kita aja yang dipenuhi. Tanya juga dong pasangan kita apa yang dia mau.

  6. Siap jadi pasangan ideal
    Ada pepatah yang bilang, ‘Jangan cari pasangan yang ideal, tapi jadilah pasangan yang ideal buat pasangan kita.’ So jangan menuntut pasangan kita jadi seperti apa yang kita mau, tapi jadilah apa yang pasangan kita mau.

  7. Siap mengasihi
    Karena kita sekarang udah gak sendirian lagi, kita juga mesti memperhatikan pasangan kita. Ayatnya juga bilang, ‘Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.’ (Matius 22:39). Artinya kita mesti siap mengasihi pasangan kita seperti kita sayang sama diri kita sendiri.

  8. Siap komunikasi
    Karena sekarang berdua, kita mesti sering-sering ngobrol supaya makin kenal satu sama lain. Masa sih berdua tapi diam-diaman, ‘kan gak lucu. Ngobrolnya juga kalo bisa yang dalam ya (kayak sumur aja) maksudnya coba obrolin nilai-nilai apa yang dipegang sama pasangan kita, apa aja yang dia suka, gak suka, apa yang dia takutin, dll.

  9. Siap menerima apa adanya
    Makin kenal pasangan, kita bakal liat makin banyak kelemahannya. Siap-siaplah menerima kelemahannya itu. Kita sendiri juga ‘kan gak sempurna, jadi ngapain kita nuntut orang lain sempurna?
Copyright majalah GFRESH! www.anakmudanet.blogspot.com

2 thoughts on “[repost] 9S Sebelum Pacaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s