Via Dolorosa (bagian 3)

Segala Sesuatu Itu Indah

Rabu, 25 April 2012

Segala Sesuatu Itu Indah

Baca: Yoel 2:18-27

Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan. —Yoel 2:25

Keindahan dari rancangan renda hitam dengan latar belakang jingga dan ungu pastel itu memikat perhatian saya. Kerumitan polanya yang rapuh membuat saya beranggapan bahwa rancangan itu merupakan karya seorang seniman yang terampil. Namun, ketika melihat foto itu dengan lebih dekat, saya melihat sang seniman sedang mengagumi karyanya dari salah satu sudut foto. “Seniman” itu adalah seekor ulat, dan karya seninya ini adalah selembar daun yang sebagian telah digerogotinya.

Yang membuat gambar itu indah bukanlah kerusakan daun itu melainkan cahaya yang sinarnya menembusi lubang-lubang yang ada. Ketika memandangi foto itu, saya mulai berpikir tentang hidup manusia yang telah digerogoti oleh “ulat” dosa. Dampaknya sungguh membinasakan. Dosa menggerogoti kita ketika kita terkena akibat dari keputusan buruk yang kita atau orang lain ambil. Kita semua menjadi korban dosa.

Namun foto itu juga mengingatkan saya tentang pengharapan yang kita miliki dalam Allah. Melalui Nabi Yoel, Allah berkata kepada Israel, “Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan” (Yoel 2:25). Dan dari Yesaya kita belajar bahwa Tuhan menetapkannya “untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu” (Yes. 61:2-3).

Iblis bisa melakukan apa saja dalam kuasanya untuk memperburuk diri kita, tetapi sebaik apa pun upayanya itu, sang Terang Dunia dapat memperindah kita. —JAL

Dosa merusak hidup yang berbuah
Ketika dosa tidak diatasi;
Allah akan pulihkan dan luruskan
Setelah dosa itu diakui. —Sper

Allah tak menghapus ketidaksempurnaan kita, tetapi Dia memperindah kita dengan bersinar menembusinya.

♫ Bangun tidur ku tidak mandi  :) pagi ini bangun lebih pagi, tapi karena gravitasi kasur terlampau kuat, alhasil masih leyeh-leyeh dan akhirnya bangun ga beda jauh dari biasanya. yup! tidak langsung bergegas ke kamar mandi, tapi buka laptop, buka chrome, page yang terakhir ke buka adalah renungan harian dan sabda, tapi langsung nambah new tab buka page sosialita😀 ada teman yang ng-share Warung Sate Kamu ini, alhasil aku buka link-nya, dan bercengkerama bersamaNya melalui renungan di atas.
Ayat ini “nampol” banget buat aku yang lagi kehausan semangat dan hampir putus asa. “Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.” (Yoel 2:25) Benar-benar sedang merasakan pintu yang selama ini terbuka (di depan mata) tiba-tiba tertutup, dan hari ini Dia kasih penghiburan bahwa masih banyak jendela yang terbuka saat satu pintu tertutup. Dan yang paling cihuy adalah: Dia berjanji akan memulihkan “tahun-tahun” yang hasilnya dimakan habis “para belalang”, dan akan mengirimkan “tentara-Nya yang besar”. (nyata benar hari ini 1 kompi tentara-Nya datang membantu, aku masih berharap kompi-kompi yang lain juga berdatangan, semoga mereka datang indah sesuai waktuNya, amen! :D)
*ini semua tentang “it’s complicated relationship”🙂 #1staniv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s