Apa Arti Hari Natal?

-sepuluh.duabelas.sebelas-

Kemarin, Sabtu, 10 Desember 2011
aku ikut natal Perkantas Jawa Barat di Bandung Trade Centre (BTC) dan ambil bagian dalam pelayanan paduan suara (MiKon-Mini Konser), tadinya ga bermaksud ikut MiKon, karena janjian mo ngobrol sama orang yang lagi latihan MiKon, tapi akhirnya malah ikut latihan dan malah ga jadi ngobrol😀 hahaha. Udah lama ga ikut MiKon, setelah hampir 3 tahun yang lalu, seingetku pelayanan terakhir di natal PMK-KMK IT Telkom 2008😛

nah, sebelum Sabtu, berarti Jumat🙂 ada latihan terakhir dan baru dikasih tau kalo Sabtunya ada briefing jam 15.00 di BTC. Ya, daripada lama-lama nyari orang siapa yang bisa pergi duluan untuk ikut briefing, akhirnya pergilah aku sama Momon🙂 Kami berangkat (hari Sabtunya) jam 12.40 naik motor (jadi rider lagi) dari Dayeuh Kolot nun jauh di sini, hahaha. Ohya, pas jam makan siang tuh kan, jadi aku sama Momon memutuskan untuk makan di luar Sukabirus😀 Sampe di Buah Batu, ajubileeeee macetnya minta maap, eh minta ampun >.< sampe di Cie Rasa Loom udah jam 13.20, ah ga keburu deh nih. “kak, udah jam 13.20 nih” | “ya udah kita makan di sana aja, apa? gimana?” | “ya udah deh, kak”. Padahal tadinya udah mo parkir di Cie Rasa Loom, tapi sung tancap gassssss terooos!😀

Selanjutnya kami sampai di Braga, mulai gerimis, sampe jembatan Rel Kereta api (yang hampir ke arah St.Hall) makin deres, nyoba hantam derasnya titik-titik hujan, akhirnya kami nyerah di Jl. Wastukencana (deket DPRD Jawa Barat situ). “waduhhh, ga bisa kita lanjut nih mon, deressss banget” (sambil mikir neduh dimana ya? oh itu ada rumah makan) | “kita kesitu aja yuk, sekalian aja makan di situ” | “oh, ya udah deh kak”. Kami neduh di situ, dan liat-liat menu yang ditawarkan. Kondisi dompet: dompetku bawa uang PASSSSS😛 dan Momon ga bawa dompet hahahaha, jadi coba liat menu yang kira-kira masih bisa dijangkau si dompet😀 Akhirnya pilihan kami jatuh pada menu “Nasi Bakar Sum-Sum + air putih”. Pas dibuka, Anda tau sodara-sodari? hahahaha, cuma isi nasi, bawang putih, dan hhmm, mungkin itu yang disebut sum-sum dan tak ada lauk yang lain, akhirnya ngambil kerupuk deh😀 cuma bisa ketawa dapet “kejutan” itu. Sementara kami makan, hujan malah makin deras, masalahnya ga ada jas ujan di motor itu >.< dan obrolan sambil makan yang menjadi inti dari cerita yang panjang dan lebarnya melebihi lautan hari ini, “Mon, kok kita niat kali yah hahaha” | “iya kan kakkk?” | “mungkin ini arti natal yang sebenernya ya Mon? PENGORBANAN. Tuhan Yesus lahir untuk mengorbankan DiriNya di kayu salib” | “hhhmmm (mata melotot padahal sipit😀 dan menyeringai dengan beghelnya itu :p haha)” | cok kau sms dulu yang di sana udah berangkat atau belom” | Momon ng-sms, dan ternyata teman-teman MiKon baru sampe Buah Batu dan Buah Batu masih macet sementara itu udah jam 14.30an, padahal kami harus standby di BTC jam 16.00. | ga apa, Mon, ga ada yang sia-sia, kalo emang Tuhan ijinkan kita pelayanan hari ini gimanapun pasti jadi :D”  Daaaaann entah ide dari mana, kepikiran untuk nitipin motor terus nyambung naik angkot ke BTC. Kalo nitip di sini (di tempat makan ini) pasti ga aman, mo nitip di gereja (GPIB Bethel, ga jauh dari situ) tapi ga tau ada orang atau ga, karena pastori pendeta ga di situ, ya udah lah titip di BIP aja :D “Mon, gimana kalo kita titip motornya di BIP terus kita naik angkot?” | “ya udah kak, daripada kita ga jelas gini” | “tapi lumayan, Mon kita ujan-ujanan nih ke BIP”. Celana jeans udah sempet basah karena nerobos ujan dari Braga sampe Wastukencana, tambah lagi dari Wastukencana muter ke BIP, celana jeansku (Momon di belakang ga terlalu basah) udah bener-bener nempel sama kulit, basah dari ujung kaki sampe pangkal paha. Emang udah rencana pergi pake celana jeans (karena naik motor) dan nanti di BTC ganti rok. Belom sampe BTC, kami ganti rok di BIP, karena udah terlampau amat basah celana jeans kami.

Keluar dari BIP nanya pak satpam, “pak, kalo mo ke BTC dari sini naik apa ya?” | “naik angkot Gunung Batu, tapi dari jalan belakang sana” | “berarti 2 kali ya pak? naik ledeng dulu terus ganti Gunung Batu” | “iya, harus ke belakang dulu” | “oh, ya udah makasih ya pak :D”. Dan kami pun naik angkot Ledeng, sampe di persimpangan jalan kami turun dan nyambunggg angkot Gunung Batu, pas tempat duduk di depan kosong, “depan aja mon, kita kan sampe ujung, biar ga ribed dilewatin orang”. | “ih, gimana kalo telat ya kak? tahun lalu itu MiKon dateng sesudah khotbah coba. ih, ga dipake lagi lah tahun depan #MomonHopeLess”. Dan sampailah kami di BTC, naik ke lantai 2 dan masuklah ke Balarea Room dan panitia masih beres-beres, kami pikir udah telat -_-” hhmm, Thanks God” | “mon, coba sms lagi mereka udah dimana?” | itu udah hampir jam 16.00 “udah tinggal muter koq orang itu kak” | “baguslah :D”. Sampai pada akhirnya kami bisa ambil bagian dalam pelayanan hari ini, semua karena Dia mengijinkannya terjadi🙂 walaupun Tenornya cuma 1 orang, hohoho. “Thanks to YOU and all of you”

Ohya, ga cuma sampe situ ceritanya🙂 pas mo pulang, temen-temen MiKon kan sewa angkot tuh dari DaKo, nah ternyata pas mo pulang 1 angkot udah balik duluaaaaan gara-gara harus “pulang kandang jam 20.00” >.< ini orang-orang mo diangkut pake apaan? nah, karena aku berangkat naik motor, niatnya mo nebeng sampe BIP, udah ng-lobby CEO PMK ITT periode 2011/2012 buat nemenin ambil motor di BIP sambil ngebonceng pulang😀 Tapi apa yang terjadi sodara-sodari? supir angkotnya males lewat BIP karena jalan ke sana macet dan gerbang tol Pasteur udah di depan mata. “ya udah kita turun aja, To (Tito nama panggilannya :)) naik angkot aja gimana?” | “ya udah kak, yuk!” Kami turun terus nyebrang ke arah sebaliknya dari angkot yang kami tumpangi tadi. “naik apa kita kak?” | “tadi sih berangkatnya naik St.Hall-Gunung Batu, To” | “atau coba kita tanya aja, kak?” | “ya udah, tanyakanlah”. Memang angkotnya adalah St.Hall-Gunung Batu tapi agak jarang katanya, dan benar agak lumayan kami nunggu angkotnya. Berharap entah ketemu siapa kek yang bisa ngangkut kami, entah bang Ferry Pasang pembicara tadi :)) #konyol “apa kita naik taksi aja, To?” | “terserah kakak, aku kan cuma nemenin, toh dari BIP kita ga ngongkos lagi kak, kan naik motor” | “hhmm, entar deh tunggu bentar lagi, aku lupa berapa minggu yang lalu dua atau tiga minggu yang lalu Pdt. di GII bilang, ‘definisi dari SABAR adalah tahan sedikit lagi’😀 misalnya, kita mo marah nih, tahan sedikittttt lagi” | “jadi akhirnya tetep harus marah dong kak?” | “hhmm, ya mungkin tapi kalo mo marah, sabar: tahan sedikit lagi” | “oh, jadi bisa ga marah kak?” | “iya, karena ditahan terus bisa ga jadi marah. Okeh, kita tunggu yah, tahan sedikit lagi, To” (padahal tadinya udah mo nyetop taksi) hahaha, ga lama datanglah angkotnya. Di angkot ketemu kak Ferika (senior 2006), karena baru pertama naik angkot ini jadi kami ga tau turun dimana tapi ternyata angkotnya ga persis lewat depan BIP, alhasil kami harus jalan kaki ke BIP, hahaha. Sampe di BIP, ngambil motor, terus pulang, sampe kosan jam 22.32, akhirnya ketemu kasuuuur🙂

 Arti Natal

Apakah natal berarti hadiah
atau hari libur yang sejuk nyaman?
Sama s’perti hari lain di Desember
Jika kau tak kenal siapakah Yesus

Apa arti hari natal
tanpa Yesus tak guna dirayakan
Apalah artinya natal tanpa mengenal Dia
Hadiah surgawi dari Allah yang Maha Tinggi

Apa arti hari natal
tanpa Yesus tiada berarti
Bila saja tiada natal, tiada damai di bumi
S’bab itulah Yesus s’galanya

ya, mungkin itu lagu yang pas jadi OST di hari ini🙂 dan pelajaran yang ku dapat:

  1. Apa Arti Hari Natal? Natal adalah pengorbanan
  2. Apa arti sabar? Sabar adalah tahan sedikitttt lagi

2 thoughts on “Apa Arti Hari Natal?

  1. seneng sama lagu itu…
    pertama kali dengar lagu itu pas di PMK, bang andre sama adek2 PA nya yang nyanyiin…
    tapi nyari youtubenya ga ada ternyata🙂
    jadi perenungan kembali sama arti Natal buatku klo udah Desember gini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s