“..tertindas itu baik bagiku..?” (bagian 2)

kembali diingatkan tentang “.. tertindas itu baik bagiku..?

Menikmati Tekanan
Ayat Alkitab: Mazmur 119 : 67, 71
“Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji-Mu. | Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.”

Terjadinya krisis moneter 1998 memunculkan dua fenomena yang saling bertolak belakang. Ketika jutaan angkatan kerja mengalami PHK akibat perusahaan tak lagi sanggup memutar roda bisnis dan menggaji karyawan, banyak orang menjadi stres. Di sisi yang lain, banyak bermunculan wirausahawan baru dengan jenis usaha yang kreatif. Ternyata banyak orang berubah profesi menjadi enterpreneur karena dipaksa oleh situasi. Siapa yang menyangka bahwa beberapa tahun kemudian, para wirausahawan dadakan tadi, hidupanya ternyata menjadi jauh lebih makmur daripada ketika masih menjadi karyawan? Benar yang dikatakan Harold W. Ruoff, “Saat menghadapi kesulitan, beberapa orang tumbuh sayap, sedang yang lain mencari tongkat penyangga.”

Cara Anda memandang tekanan hidup (pressure) akan membawa perbedaan. Tekanan adalah latihan untuk membuat Anda lebih kuat. “Kayu yang baik tidak tumbuh dengan mudah; semakin kencang angin, semakin kuatlah pohon,” demikian kata-kata bijak dari J. Willard Marriot. Selama ini Anda mungkin terlena berada di zona nyaman sehingga ketika tekanan datang, untuk sesaat Anda kehilangan keseimbangan. Namun, tekanan akan membuat hidup Anda menjadi lebih berwarna. Hidup yang flat alias datar-datar saja akan membuat Anda menjadi mudah bosan menjalani rutinitas. Temukan sisi positif dari munculnya sebuah tekanan. Ketika beban kerja semakin meningkat, bersyukurlah karena Anda bukanlah penggangguran yang tidak punya kerjaan. Ketika Anda ditekan dari atas oleh atasan dan dari bawah oleh anak buah, bersyukurlah, itu artinya Anda bernilai dalam organisasi. Tekanan dari atas dan bawah akan membuat Anda “melebar ke samping”, potensi yang tadinya belum keluar, kini muncul. Tekanan akan membuat Anda memiliki pengalaman baru. Bila suatu hari Anda berhadapan dengan situasi yang serupa, Anda sudah tahu harus berbuat apa. Anda diperkaya dengan pengalaman baru. Andapun bisa lebih bersyukur karena sudah pernah mengalami keadaan baik atau pun buruk (Filipi 4:12).

Tahukan Anda bahwa tekanan akan memunculkan karakter Anda yang sebenarnya? Karakter asli seseorang tidak akan keluar saat semuanya baik-baik saja. Saat tekanan datang akan terlihat apakah Anda seorang yang mudah panik atau seorang yang bisa tetap tenang sambil memikirkan langkah-langkah berikutnya untuk tetap maju ke depan.

Akhirnya, tekanan akan membuat Anda mencari Tuhan. Bisa jadi Tuhan sedang ingin berkomunikasi dengan Anda, lalu “dihadirkanlah” masalah untuk membuat Anda sejenak “mundur” dan mencari wajah-Nya. Percaya satu hal bahwa Dia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28). Tidak ada masalah atau tekanan hidup yang terjadi begitu saja di luar kendali-Nya. Kembali kepada Anda, apakah Anda bisa bersyukur dalam segala perkara, jangan menyesali diri dan jangan pernah menyerah!

Intan adalah batu permata mahal yang terbentuk dengan baik karena berada di bawah tekanan bumi.

Sumber: Renungan Mana Sorgawi, 29 November 2011

never let the burdens today make me forget the blessings yesterday: selalu mengingatkanku untuk tidak membesar-besarkan SATU masalah kecil dan mengecil-ngecilkan BANYAK hal besar yang bisa disyukuri🙂 semangat buat kita-kita yang lagi tertindas dengan percinTAan-dan sejenisnya :D #YNWA

Bri Syukur, Bri Puji

Written by Don Moen

BUAT KARYA-MU
BUAT S’GALA RENCANA-MU
KU B’RI SYUKUR
DAN PUJIAN BAGI-MU
REFF:
B’RI SYUKUR, B’RI PUJI
S’BAB KU TAHU ALLAH BEKERJA BUAT KEBAIKANKU
B’RI SYUKUR. B’RI PUJI
‘KU YAKIN RAHMAT-MU BESERTAKU
BUAT S’GALA HAL
YANG TAK KU MENGERTI
DENGAN IMAN
KU S’RAHKAN PADA-MU
( KEMBALI KE REFF )
BRIDGE:
WALAUPUN AKU LEMAH
WALAUPUN ‘KU JATUH
KAU TAK KAN PERNAH TINGGALKANKU
KAU PENGUASA SEGALANYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s