MHB Bab 3: Doa

Kedisiplinan Rohani dalam Doa

Cara Berdoa Seorang Murid

Referensi: [http://media.sabda.org/saa/low/03_som–matius4-7/som22.mp3]

Referensi: [http://media.sabda.org/saa/low/03_som–matius4-7/som23.mp3]

Referensi: NIV Study Bible

Berdoa berarti meminta/memohon. Seperti halnya memberi, berdoa juga adalah sebuah disiplin rohani seperti halnya memberi sedekah [Mat 6:1-4]. Doa hendaknya vertikal, bukan horizontal: ditujukan kepada Allah dan bukan kepada sesama manusia. Doa merupakan pusat kehidupa orang percaya, makanya Yesus memberi peringatan lebih lanjut dan contoh positif (footnote NIV SB 6:7-8).

 #1 PEMBUKAAN [ayat 5-8]

Perbedaan cara berdoa orang Farisi dengan murid Kristus:

Cara Berdoa

Orang Farisi

Murid Kristus

Tempat

Di tempat yang bisa dilihat orang

Di tempat yang tersembunyi

Motivasi

1.Supaya dilihat orang lain

2.Sombong, merendahkan orang lain

1.Supaya dilihat Bapa dan bukan supaya dilihat orang lain (tersembunyi)

2.Merendahkan dirinya, mengakui dosanya, memohon belaskasihan Allah

Kebenaran

Eksternal, sementara, tidak sesuai dengan Alkitab, tidak sungguh-sungguh

Internal, kekal, sesuai dengan Alkitab, sungguh-sungguh

Kata-kata

Bertele-tele: mengulang-ulang secara sia-sia, boleh didoakan terus menerus, tapi bukan perulangan yang sia-sia.

Tidak bertele-tele, tulus dari dalam hati dan tidak memerlukan kata-kata puitis, menghidari pemahaman bahwa panjangnya doa dan banyaknya kata-kata dianggap sebagai doa mujarab (footnote NIV SB 6:7-8)

Upah

Supaya mendapat pujian dari manusia

Supaya mendapat pujian dari Allah, membangun hubungan dengan Allah

 

#2 ISI [ayat 9-13a] Ini adalah “bagaimana” berdoa dan bukan “apa” (footnote NIV SB Mat 6:9)

7 permohonan dalam doa Bapa Kami [disebut juga Doa Indeks]:

©       3 permohonan campur tangan Allah [mendahulukan Allah]

  1.  dikuduskanlah nama-Mu: saya mau nama-Mu dikuduskan; mengerti “Engkau” adalah siapa dan apa dalam kehidupan saya,
  2. datanglah kerajaan-Mu: saya mau melihat kerajaanMu datang, saya mau Engkau memerintah dalam hati saya, mengerti “Engkau” adalah Raja segala raja dan memerintah dalam kehidupan saya,
  3. jadilah kehendak-Mu: saya mau kehendakMu terjadi dalam bejana hidup saya sama seperti di surga,

©       4 permohonan pribadi

  1. [Materi & Hari Ini] berilah kami: “hari ini..secukupnya” -> bergantung kepada Allah hari demi hari, cukup: sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya makan jasmani, tapi juga rohani: kasih, perhatian, kepedulian.
  2. [Spiritual & Hari Lalu] ampunilah kami: kita adalah orang berdosa dan butuh pengampunan, bukti kita diampuni adalah menjadi pengampun.
  3. [Moral & Hari Depan] janganlah membawa kami: kita butuh tuntunan Ilahi, “tuntunlah kami, bukan ke dalam pencobaan”, jangan masuk dulu ke dalam pencobaan baru minta tolong Tuhan mencari jalan keluar, tapi dari awal dicegah, memohon kepada tuntunan Tuhan supaya tidak masuk ke dalam pencobaan.
  4. [Moral & Hari Depan] lepaskanlah kami: Roh Kudus melepaskan kita dari dosa dan pencobaan.

salah satu contoh permohonan

#3 PENUTUP [ayat 13b]

Saya meminta semuanya ini, namun kalau semuanya ini tak membuat namaMu dipermuliakan, tak kan membuat kerajaanMu datang, tak kan kehendakMu terjadi, maka saya tidak menginginkannya. Saya meminta semua yang saya anggap saya butuhkan, dan saya inginkan ini, namun saya hanya menginginkan selama semuanya ini sesuai dengan kehendakMu. Kuasa akan datang dariMu dan oleh karenanya hasilnya akan selalu menjadi kepunyaanMu dan kemuliaan akan selalu kembali kepadaMu.

Bapa, kuasa akan datang dariMu maka kemuliaan akan selalu kembali kepadaMu dan hasilnya akan selalu menjadi kepunyaanMu. Apapun hasil doa yang kita panjatkan adalah kepunyaan Tuhan.

Memandang ke dalam dan ke sekeliling segala sesuatunya mustahil, kita akan memandang ke atas dan memohon kepadaNya [berdoa].

Tuhan Dengar Doaku ~Mike Mohede

Doa Mengubah Segala Sesuatu

Bahan MHB Bab 3

ini hanyalah hasil penggalian yang kulakukan secara pribadi
(mungkin masih ada pemahamanku yang salah),
Anda akan lebih menemukan banyak hal dan Kebenaran yang sesungguhnya
jika Anda menggalinya secara pribadi🙂
senang bisa berbagi, semoga bisa memberkati
jangan lupa minta tuntunan Roh Kudus sebelum menggali

Leave a Reply

