Hari Pahlawan

Hari ini, Kamis, 10 November 2011, Hari Pahlawan.

Saat bangun di pagi hari, aku berpikir apa yang bisa kulakukan untuk memaknai hari ini sebagai hari Pahlawan. Ikut perang? Jadi guru? atau…? Beberapa hari yang lalu, aku sempat lihat info tentang donor darah. 9-10 November 2011 diadakan di Hotel Horison Bandung, dan 10 November 2011 diadakan di seluruh Hypermart di Indonesia, berhubung aku di Bandung, berarti kalau mau donor ke Hypermart Bandung Indah Plaza.

Niat hati mau pergi donor tanggal 9 di Hotel Horison, tapi apa daya turunnya titik-titik air kiriman Sang Khalik membatasi ruang gerakku🙂 hehehe. Tanggal 9 gagal donor, ya udah besok aja deh, malemnya mencoba untuk istirahat yang cukup biar layak donor. Sampai tiba hari ini. Ada temen yang mau potong rambut, jadi aku nebeng deh sekalian keluar *mumpung ada motor, lumayan ga ngongkos :p Akhirnya aku di drop di Hotel Horison, dia potong rambut. Ngisi buku tamu, periksa tensi (110/70 agak rendah tapi bisa donor), nah giliran periksa Hb, Hb ku rendah, cuma 12.3, padahal syarat minimunya 12.5, huhu. Sedih, geram, gemas, kesal, rasanya ga bisa donor. Karena donor kali ini udah diniatin sejak donor terakhir (7 Agustus 2011). Dari Hotel Horison, aku nyamper temenku yang sedang potong rambut. Aku tanya “mau ga nemenin ke BIP? udah niat banget aku mo donor” | “oh, ya udah ga apa” | “tapi kita makan siang dulu yah” (sambil makan, sambil berdoa “Tuhan, semoga makanan ini bisa naikin Hb ku”). Sampai di BIP, daftar-periksa darah (semoga udah naik Hb nya). “Bagus kok :)”, celetuk salah seorang dokter cantik di situ. “Tadi aku ke Horison, dok di sana ada donor darah juga, tapi ga dibolehin karena Hb ku rendah” | “itu bagus kok darahnya, emang dari mana?” | “dari IT Telkom” | “kok jauh banget sampe ke sini? kan kemaren kita di sana (IT Telkom) juga donor darah, niat yah :)” | “iya, dok. Udah pengen ikut yang di sana kemaren tapi waktu ku donor sebelumnya belum genap 70 hari, makanya ga ikut, dan sekarang udah pengen banget :)” | “kalo niat emang pasti “diijinin” (diijinin Tuhan kali ya?) kok, hehe” | “tensinya berapa dok?” | “normal kok 110/80”. Sampai di ruang donor, ketemu teteh yang pernah ngambil darahku pertama kali di kampus waktu itu. “Teh, masih inget ga? hehe”. Ngobrol deh jadinya, walaupun awalnya SKSD :p hehe.

Kesimpulannya, aku senang dan bersyukur bisa donor darah🙂 ini donor darahku yang kelima. Tepat di hari Pahlawan, aku bersyukur (mungkin) bisa jadi pahlawan bagi orang lain. Saat “money is not everything”, setetes darah Anda bisa menyelamatkan orang lain, setetes darah Anda bisa memberikan sejuta harapan bagi orang lain, setetes darah Anda bisa menjadikan Anda pahlawan bagi orang lain. Selamat Hari Pahlawan, terima kasih untuk para pahlawan dalam segala aspek kehidupan, terlebih para pahlawan Indonesia, yang sudah berjuang memerdekakan bangsa ini, meneteskan keringat, mencucurkan darah, bahkan meregang dan mempertaruhkan nyawa.

2 thoughts on “Hari Pahlawan

Leave a Reply

