“selamat, niw! kesabaranmu naik tingkat”

Apa Kata Anda?

Bacaan hari ini: Matius 16:13-20

Ayat mas hari ini: Matius 16:15

“Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”

Murid-murid Yesus telah cukup panjang melewatkan waktu bersama Yesus. Mereka telah melihat berbagai karya dan mukjizat Yesus; memberi makan lima ribu orang; memberi makan empat ribu orang; menyembuhkan banyak orang sakit; dan sebagainya. Suatu saat, Yesus dan murid-murid tiba di Kaisarea Filipi. Di situ Yesus bertanya kepada murid-murid-Nya mengenai siapa diri-Nya. Dia ingin tahu pendapat para murid mengenai diri-Nya. “Menurut kamu, siapa Aku ini?” Anehnya, dari dua belas murid itu, hanya satu yang angkat bicara. Apakah satu suara ini mewakili sebelas suara lain? Atau, sebelas yang lain itu tak punya pendapat karena bingung?

Lewat pertanyaan itu, Yesus ingin para murid memberi jawaban yang berasal dari pengalaman dan penghayatan hidup mereka bersama Yesus, bukan mengutip kata orang lain. Ketika Petrus mengatakan ”Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!”, ini jawaban yang berbeda dengan pendapat umum yang menyebut Yesus “Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia, atau salah seorang nabi.” Jawaban yang muncul dari pengenalan pribadi semacam ini dihargai Yesus sebagai karya Allah dalam hati orang beriman. Kata Yesus: “… bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku” (ayat 17).

Siapa Yesus menurut Anda? Adakah jawaban Anda berasal dari pengalaman bersama Tuhan? Atau, kita masih mengutip kata-kata orang, khotbah pendeta, tulisan dalam sebuah buku? Hal-hal itu memang berguna, tetapi lebih dari itu Tuhan ingin kita mengenal-Nya secara pribadi melalui kehidupan yang dijalani bersama-Nya. Kiranya setiap hari kita makin mengenal Yesus, agar dapat bersaksi kepada dunia dengan keyakinan bahwa Dialah Tuhan

PENGENALAN PRIBADI YANG TERBAIK TERHADAP ALLAH 

ADALAH DENGAN HIDUP BERSAMA-NYA MELALUI SEGALA PERISTIWA

Penulis: Daniel K. Listijabudi

sumber: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2010-12-7

 

sedikit berbagi pengalamanku: hal kecil sih, tapi bersyukur Tuhan masih mau mengajarkan sesuatu hal melalui hal kecil

jadi..pada suatu hari dimana otak ku sudah mulai keriting dan butuh rebonding, keinginan untuk meluruskan otakpun muncul..kalo temenku bilang “itu kondisi di mana otak besar mengecil dan otak kecil menghilang”😀

akhirnya, memutuskan untuk me’rebonding’ otak di Anata Jl.Windu sambil memanfaatkan voucher creambath yang ada.

Hari itu, hari Selasa, 30 november 2010..berhubung voucher kadaluarsa tanggal 30nov10, aku harus segera memanfaatkannya dengan baik..pergilah diriku bersama temanku..sampe anata dibilang “maaf mbak, kalo creambath belom bisa” [kesorean cuy]..dalam hati [“trus? balik nih? argh!” udah dibela2in nembus ujan, ujung2nya kaga jadi]..Selasa, 30nov10 salah satu hari nano-nano yang pernah ada..kena tegur dosen KWN, ujan2an demi ngelurusin otak tapi hasilnya nihil, ga ketemu nasi dari pagi..bah! nano-nano pisan lah pokoknya😀 *ohya sedikit tentang kabar voucher creambath..aku dikasih perpanjangan waktu sampe tgl.1des10..karena mikirnya hari ini ga bisa, ya udah besok..hari itu ditutup dengan rasa nano-nano di pikiran dan hati..tapi satu hal yang ku syukuri, hari itu Doi bilang “tunggu, niw! sabar yah,nak!” :’) [never let the burdens today make me forget Your blessings yesterday]”

keesokan harinya, Rabu, 1 desember 2010..berpikiran Tuhan menjawab ketertundaan kemaren, tapi apa? hari itu ada seminar business fair jam18.30, salah satu bagian dari rangkai perkuliahan yang notabene WAJIB hadir..alhasil setelah sempat kepikiran untuk bolos kuliah jam15.20 [yang ternyata ada kuis dadakan *untung ga jadi bolos :p] dan datang telat seminar business fair, akhirnya aku kembali mengurungkan niatku bersama temanku itu..tapi apa? hari itu Doi bilang, “masih sabar kan?! tunggu sedikit lagi, nak!” dan berpikir “akan kah besok Tuhan bilang: “selamat, niw! kesabaranmu naik tingkat ^o^” ga sabar dengan jawabanNYA di hari berikutnya..hari itu ditutup dengan rasa penasaran

keesokannya lagi, Kamis, 2 desember 2010..hari penentuan😀 ahahaha..setelah kemaren temenku itu bilang “ya udah win pake voucherku aja masih sampe tgl.15 koq”..akhirnya kami memutuskan untuk pergi hari ini..langit begitu bersih dan tak ada satupun awan gelap membayangi perjalanan kami..dalam perjalanan aku berpikir [dan mungkin ini perbincangan singkatku bersama Doi:

adniw: “ohya ya, Tuhan..ternyata emang harus pergi hari ini..jalan dengan aman tanpa beban dan hujan”

Doi: “terkadang kamu hanya terpaku pada hasil tapi lupa proses..ingin cepat berhasil tapi tidak mau mengalami sebuah proses”

adniw: (hanya terdiam)

Doi: (Doi menghibur) “selamat, niw! kesabaranmu naik tingkat ^o^..tetap semangat dalam proses ‘learning by doing’nya yah, nak! siap-siap naik tingkat selanjutnya hasian!”

dan akhirnya semua berjalan dengan baik sesuai waktu dan rencanaNYA

aku sangat bersyukur masih diberi kesempatan untuk belajar BERSABAR melalui hal kecil..sampai pada akhirnya aku bisa bilang “segala sesuatu indah pada waktuNYA”..itu bukan lagi kata pendeta..bukan lagi kata kk PAku..bukan lagi katanya..tapi kataku :D bersyukur untuk pembentukan di tahun 2010 ini yang terkadang sangat menyakitkan, tapi tak sampai membuatku hancur, justru membuatku semakin matang😀 naik tingkat! ehehehe

mungkin tak hanya dalam hal ini Tuhan ingin mengajarkan tentang kesabaran,,pasti Doi mau ngajarin yang lebih dahsjat lagi..misalnya bersabar menanti PHDT *pasangan hidup di dalam Tuhan :p atau menanti kelulusan dalam studi dan hal-hal dahsjat lainnya..mari nikmati setiap proses pembentukan yang Tuhan berikan sekalipun prores itu terasa sangat menyakitkan..semoga bisa memberkati😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s